Jumat, 18 Oktober 2013

PENJELASAN TENTANG SISTEM INFORMASI AKUTANSI (SIA)

penjelasan tentang
sistem informasi akutansi (sia)

Definisi
Sistem adalah sekelompok unsur yang erat berhubungan satu dengan lainnya yang berfungsi bersama-sama untuk mencapai tujuan tertentu. Biasanya dibuat untuk menangani sesuatu yang berulang kali atau yang secara rutin terjadi.
Informasi adalah data yang berguna yang diolah sehingga dapat dijadikan sebagai dasar untuk mengambil keputusan yang tepat. Karakteristik informasi yang realible harus memenuhi syarat relevan, tepat waktu, akurat dan lengkap.
Sistem Informasi Akuntansi adalah sebuah sistem yang memproses data dan transaksi guna menghasilkan informasi yang bermafaat untuk merencanakan, mengendalikan, dan mengoperasikan bisnis.
Sistem Informasi Akuntansi (SIA) adalah sebuah sistem informasi yang menangani segala sesuatu yang berkenaan dengan AkuntansiAkuntansi sendiri sebenarnya adalah sebuah sistem informasi. Fungsi penting yang dibentuk SIA pada sebuah organisasi antara lain :
·         Mengumpulkan dan menyimpan data tentang aktivitas dan transaksi.
·         Memproses data menjadi informasi yang dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan.
·         Melakukan kontrol secara tepat terhadap aset organisasi.
Subsistem SIA memproses berbagai transaksi keuangan dan transaksi nonkeuangan yang secara langsung memengaruhi pemrosesan transaksi keuangan.
SIA terdiri dari 3 subsistem:
·         Sistem pemrosesan transaksi
mendukung proses operasi bisnis harian.
·         Sistem buku besar/ pelaporan keuangan
·         Sistem Penutupan dan pembalikan. Merupakan pembalikan dan penutupan dari laporan yang dibuat dengan jurnal pembalik dan jurnal penutup
menghasilkan laporan keuangan, seperti laporan laba/rugi, neraca, arus kas, pengembalian pajak.

Sistem Informasi Manajemen
Sistem Informasi Manajemen memproses berbagai transaksi non-keuangan yang tidak bisa diproses oleh Sistem Informasi Akuntansi. Bagaimana pun juga sistem informasi manajemen di laksanakan dengan kerja bersama. Dengan mendukung semua ide dari masing-masing group yang melakukan kerja di lapangan dan bagaimana kita memberikan semangat yang tinggi buat karyawan.

Cara Kerja
Untuk memahami bagaimana SIA bekerja, perlu untuk menjawab beberapa pertanyaan sebagai berikut :
·         Bagaimana mengoleksi data yang berkaitan dengan aktivitas dan transaksi organisasi?
·         Bagaimana mentransformasi data kedalam informasi sehingga manajemen dapat menggunakan untuk menjalankan organisasi?
·         Bagaimana menjamin ketersediaan, keandalan, keakuratan informasi ?

Manfaat
Sebuah SIA menambah nilai dengan cara:
·         Menyediakan informasi yang akurat dan tepat waktu sehingga dapat melakukan aktivitas utama pada value chain secara efektif dan efisien.
·         Meningkatkan kualitas dan mengurangi biaya produk dan jasa yang dihasilkan
·         Meningkatkan efisiensi
·         Meningkatkan kemampuan dalam pengambilan keputusan
·         Meningkatkan sharing knowledge
·         menambah efisiensi kerja pada bagian keuangan

Komponen Sistem Informasi Akutansi
·         Manusia adalah pelaku yang menjalankan sistem
·         Transaksi merupakan objek dari sistem informasi akuntansi sebagai masukan, lalu diproses sehingga menghasilkan informasi
·         Prosedur adalah langkah-langkah yang harus ditempuh dalam melakukan transaksi atau kegiatan perusahaan.
·         Dokumen yaitu berupa formulir yang digunakan sebagai sarana pencatatan pada saat transaksi
·         Peralatan adalah suatu alat atau sarana yang digunakan dalam melakukan pencatatan pada sistem informasi yang bersangkutan.

NAMA  : THESAR SEPTALEGIA
NPM     : 37111084
KELAS : 3DB13

SOAL PILIHAN GANDA E-BUSSINES


SOAL PILIHAN GANDA E-BUSSINES
NAMA                  : THESAR SEPTALEGIA
NPM                     : 37111084
KELAS                 : 3DB13

1. Kegiatan bisnis atau jasa yang berkaitan erat dengan konsumen, manufaktur, ISP dan pedagang perantara denganmenggunakan media elektronik disebut:
a.       E-Banking
b.      E-Commerce
c.       E-Payment
d.      E-Government
Jawaban:  E-Commerce
2. Proses yang terintegrasi untuk mencapai hasil yang efisien dan efektif dalam konsep E-Commerce disebut:
a.       Automation
b.      Interaction
c.       Streamlining
d.      Transaction
e.       Publishing
Jawaban: Streamlining
3. Sistem komunikasi bisnis antar pelaku bisnis dengan konsumen untuk memenuhi kebutuhan tertentu pada saat tertentu disebut:
a.       B2C
b.      C2B
c.       G2C
d.      C2G
e.       C2B
Jawaban: B2C
4. Dibawah ini merupakan manfaat E-Commerce bagi perusahaan kecuali:
a.       Jangkauan Global
b.      Efisiensi Pengandaan
c.       Keterbatasan SDM
d.      Kecepatan time to market
e.       Inovasi model bisnis
Jawaban: Keterbatasan SDM
5. Meningkatkan hubungan dengan konsumen termasuk manfaat E-Commerce untuk:
a.       Perusahaan
b.      pemerintah
c.       Konsumen
d.      Jawaban B dan C benar
e.       Masyarakat
Jawaban: Perusahaan
6. Berikut adalah tantangan E-Commerce, kecuali:
a.       Keamanan
b.      Kepercayaan dan resiko konsumen
c.       Keterbatasan SDM
d.      Dimana saja kapan saja
e.       Model bisnis
Jawaban: Dimana sja kapan saja
7. Manakah manfaat E-Commerce bagi perusahaan:
a.       Pengurangan biaya operasi
b.      Kustomisasi dan personalisasi
c.       Masalah organisasi
d.      Dimana saja kapan saja
e.       Rantai pasokan dinamis
Jawaban: a,b,c benar
8. Model EC dimana organisasi menyediakan jasa, informasi dan poduk kepada individu karyawannya, disebut:
a.       E-Government
b.      Collaborative Commerce
c.       Business to Employee
d.      E-Learning
e.       Exchange
Jawaban: Business to Employee
9. Bursa elektronik untuk umum yang beranggotakan banyak pembeli dan penjual, disebut:
a.       E-Government
b.      Collaborative Commerce
c.       Business to Employee
d.      E-Learning
e.       Exchange
Jawaban: Exchange
10. Contoh website model pemasaran A Friedly Search Engine Web, adalah:
a.       www.amazon.com
b.      www.iklanbaris.com
c.       www.google.com
d.      www.multiply.com
e.       www.jogjacybermall.com